Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Rusia-AS Memanas, Wall Street Ditutup melemah

Kompas.com - 12/04/2017, 06:27 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa AS ditutup melemah di akhir perdagangan Selasa waktu setempat atau Rabu (12/4/2017) dini hari.

Pelemahan tersebut terjadi di tengah kekhawatiran investor bahwa isu geopolitik di Suriah akan menimbulkan sentimen negatif menjelang dirilisnya laporan keuangan emiten.

Indeks Dow Jones ditutup melemah 6,72 poin atau 0,03 persen ke posisi 20.651,3. Sementara itu indeks S&P 500 kehilangan 3,38 poin atau 0,14 persen menjadi 2.353,78 dan indeks Nasdaq melemah 14,15 poin atau 0,24 persen ke level 5.866,77.

Kekhawatiran terhadap naiknya tensi antara AS dan Rusia telah mendongkrak harga emas serta aset safe-haven lainnya.

Menlu AS Rex Tillerson telah mengirimkan peringatan kepada Moskow pada Selasa kemarin yang isinya mengecam dukungan Rusia terhadap pemimpin Suriah Bashar al-Assad.

Selain itu, peringatan juga ditujukan kepada Korea Utara bahwa AS akan bersiap mengirim kekuatan ke pasifik barat jika negara yang dimpimpin Kom Jong Un itu melakukan provokasi melalui serangan rudal.

"Risiko geopolitik menjadi poin utama perhatian investor saat ini," ujar Quincy Krosby, analis Prudential Financial, Newark, New Jersey.

Namun demikian, dia juga mengatakan bahwa perdagangan pada hari-hari ini menjadi indikator menguatnya kinerja emiten, yang akan diketahui saat laporan keuangan dipublikasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com