Pimpin Garuda, Pahala Mansury Fokus Efisiensi, Rute, dan Integrasi

Kompas.com - 12/04/2017, 21:21 WIB
|
EditorM Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com - Pahala N Mansury ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar hari ini Rabu (12/4/2017) di Cengkareng, Tangerang. Pahala menggantikan Arif Wibowo.

Pahala, yang sebelumnya menjadi bankir bank pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) itu mengaku belum ada pembicaraan khusus ataupun arahan detil dari pemegang saham tentang apa yang menjadi target ke depan.

Namun demikian, Pahala melihat setidaknya ada beberapa hal yang akan dibenahi dalam jangka pendek (3-6 bulan), menengah (satu tahun), dan jangka panjang (1-5 tahun).

"Program nanti akan kami sampaikan, tetapi fokus efisiensi biaya, review fleet dan rute, serta integrasi Garuda Indonesia dan Citilink," ungkap Pahala.

Menurut Pahala, bisnis penerbangan memiliki kompetisi yang sangat ketat. Sehingga fokus meningkatkan profitabilitas menjadi hal utama yang akan dilakukannya bersama tim.

Dia menambahkan, salah satu upaya untuk meningkatkan profitabilitas itu adalah dengan menekan biaya. "Di-review biayanya, bahan bakar, perawatan," ucap Pahala.

Di sisi lain, ia dan tim ke depan akan mengkaji rute-rute mana yang menguntungkan, dan mana yang tidak, baik domestik maupun mancanegara khususnya di kawasan.

Sementara itu, mengenai integrasi antara Garuda Indonesia dan Citilink, Pahala menuturkan akan melihat dari semua aspek seperti pricing maupun rute.

"Memastikan adanya sinergi Garuda-Citilink dan BUMN lain. Tetapi utamanya Garuda dan Citilink. Itu arahan dari pemegang saham," ucap Pahala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.