Dua Permintaan Menhub ke PT KAI untuk Mudik Lebaran Tahun Ini

Kompas.com - 14/04/2017, 17:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski Lebaran masih dua bulan lagi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah mengecek persiapan arus mudik di Stasiun Senen dan Gambir.

Usai pengecekan, Menhub Budi Karya menyampaikan beberapa permintaan kepada PT Kereta Api Indonesia, atau PT KAI, terkait pelaksanaan angkutan mudik Lebaran tahun 2017.

"Saya minta ke PT KAI tingkatkan (pelayanan) saat Lebaran harus ada (kereta) tambahan,' ujarnya di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Namun penyediaan kereta tambahan saja tidak cukup. Menhub Budi Karya juga meminta PT KAI untuk memberikan kepastian bahwa pelaksanan angkutan mudik tahun ini tidak akan ada masalah.

Salah satu langkah yang harus dilakukan PT KAI yakni pengecekan semua prasarana kereta. Hal tesebut penting dilakukan untuk memastikan prasarana transportasi dalam kondisi layak.

PT KAI sendiri sudah menyediakan tiket tambahan kereta lebaran yang bisa dipesan mulai 16 April 2017 pukul 00.01 WIB.

(Baca: PT KAI Sediakan Kereta Mudik Tambahan untuk 38 Perjalanan

VP Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin mengatakan, tiket kereta tambahan diperuntukkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket pada pemesanan tiket kereta api reguler.

PT KAI telah menyiapkan 38 perjalanan kereta api tambahan untuk keberangkatan 15 Juni 2017. Kapasitas yang tersedia dari 38 perjalanan itu mencapai 21.860 seat per hari.

(Baca: Blusukan ke Stasiun, Menhub Diajak "Selfie" hingga Gendong Bayi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.