5 Pengeluaran Tak Disadari Ini Bisa Menguras Isi Dompet di Tengah Bulan

Kompas.com - 15/04/2017, 06:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Di mana ada pendapatan pasti ada pengeluaran. Bukan hal yang salah jika mengeluarkan uang untuk memenuhi suatu kebutuhan.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam setiap pengeluaran. Karena tanpa disadari, ada pengeluaran yang dapat menguras isi dompet dengan cepat.

Jadi, sebaiknya jangan mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Terutama saat berada di masa-masa sulit seperti pertengahan hingga akhir bulan.

Agar uang Anda tidak habis dalam sekejap, maka Anda perlu mengatur keuangan sedemikian rupa.

Berikut lima macam pengeluaran yang bisa menguras pengeluaran di tengah bulan secara tidak sadar yang perlu diketahui. Jika sudah tahu, maka aturlah dengan baik pengeluaran sebelum Anda menyesal di kemudian hari.

1. Pengeluaran Makan

Makan adalah kebutuhan primer setiap orang yang tak bisa dihindari. Namun, tanpa disadari pengeluaran yang satu ini dapat menguras isi dompet jika tidak mengelolanya dengan baik.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengatur pengeluaran makan dari sekarang. Cermati segala hal yang berhubungan dengan makanan, seperti di mana Anda membelinya, makanan apa yang dibeli dan jenis bahan makanan apa saja yang dibeli jika memasak sendiri.

Anda tidak seharusnya makan di tempat yang mahal setiap hari karena itu akan menghabiskan pendapatan Anda.

Perhatikanlah pengeluaran makan mulai dari sekarang, kapan waktunya memasak sendiri, makan di warung nasi sampai sesekali makan di tempat mewah, seperti restoran.

2. Pengeluaran untuk Perawatan Tubuh

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X