China Masih Jadi Negara Tujuan Ekspor Nonmigas Utama Indonesia

Kompas.com - 17/04/2017, 12:48 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang kuartal I 2017, China jadi tujuan utama ekspor nonmigas Indonesia, mengalahkan Amerika Serikat (AS). Total ekspor komoditas nonmigas Indonesia ke China di kuartal I 2017 mencapai 4,69 miliar dollar AS.

(Baca: China Diyakini Akan Jadi Investor Terbesar di Indonesia)

Adapun komponen ekspor nonmigas terdiri dari, bahan bakar mineral, lemak dan minyak nabati, crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah, perhiasan permata, kendaraan dan peralatan listrik.

Kepala BPS Suharyanto mengatakan ,setelah China, AS jadi tujuan ekspor utama nonmigas utama kedua dengan total ekspor 4,29 miliar dollar AS. Kemudian disusul India, sebesar 3,41 miliar dollar AS.

"Masuknya India sebagai negara ketiga tujuan ekspor Indonesia telah mengalahkan Jepang yang biasanya menjadi negara ketiga tujuan ekspor," kata Suharyanto di Gedung BPS, Senin (17/4/2017).

Ekspor ke ASEAN

BPS juga menyoroti ekspor nonmigas Indonesia ke negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) serta Eropa (Uni Eropa).

Data BPS menunjukkan, besaran nilai ekspor nonmigas Indonesia ke wilayah ASEAN memiliki porsi 20,78 persen dengan nilai 7,62 miliar dollar AS. Sementara ke wilayah Uni Eropa memiliki porsi 11,21 persen dengan nilai 4,11 miliar dollar AS.

(Baca: China Pangkas Target Pertumbuhan Ekonominya, Apa Dampaknya bagi Indonesia?)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.