Realisasi Penerimaan Pajak Kuartal I-2017 Naik 18 Persen

Kompas.com - 17/04/2017, 20:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penerimaan pajak pada kuartal 1-2017 tumbuh signifikan. Angkanya mencapai Rp 222,2 triliun, naik 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Yon Arsal tak memungkiri realisasi penerimaan pajak kuartal 1-2017 didorong oleh adanya program pengampunan pajak atau tax amnesty.

"Ini sinyal positif yang kami harapkan," ujar Yon di Belitung, Minggu (16/4/2017).

Berkat tax amnesty, wajib pajak orang pribadi yang sebelumnya tidak pernah melaporkan PPh pasal 25 dan 29, kini lebih patuh. Bahkan angkanya mencapai lebih dari Rp 2 triliun.

Pendorong utama realisasi penerimaan pajak pada kuartal 1-2017 yakni Pajak Penghasilan (PPh) non migas yang mencapai Rp 122 triliun, naik 14,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Meski begitu, kenaikan terbesar justru terjadi di PPh migas yang mencapai 78 persen dari Rp 6,6 triliun pada 2016 menjadi Rp 11,8 triliun.

"Ini karena harganya naik sehingga (pajaknya) tumbuh sampai tinggi sekali," kata Yon.

Realisasi penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Rp 85 triliun, naik 17,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pajak Bumi Bangunan (PBB) Rp 457 miliar, naik 15,8 persen. Adapun pajak lainnya mencapai Rp 1,6 triliun, naik 9,4 persen.

Dalam APBN 2017, pemerintah mematok target penerimaan pajak Rp 1.307,3 triliun. Bila dibandingkan dengan realisasi APBN-P 2016, target itu tumbuh 18 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.