Kartin1 Tidak Bisa Diintegrasikan dengan E-KTP, Mengapa?

Kompas.com - 18/04/2017, 09:31 WIB
Penampakan Kartin1, satu kartu yang bisa menjadi NPWP, e-KTP, Kartu BPJS, SIM dan sebagainya. KOMPAS.com/YOGA SUKMANAPenampakan Kartin1, satu kartu yang bisa menjadi NPWP, e-KTP, Kartu BPJS, SIM dan sebagainya.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BELITUNG, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak sudah meluncurkan platform Kartin1 bukan lalu. Melalui platform ini, kartu identitas bisa menjadi kartu multi identitas.

Caranya, hanya memasukan platform Kartin1 ke kartu identitas tersebut, misalnya kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan. Namun Ditjen Pajak memastikan platform Kartin1 tidak bisa dimasukkan ke dalam KTP elektronik atau e-KTP. Kenapa? Itu karena kapasitas data di dalam e-KTP sangat terbatas.

" E-KTP itu sudah full, hanya 8 kilobyte. Sudah enggak bisa lagi tambah tambah-tambah," ujar Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak, Iwan Djuniardi, di Belitung, Senin (17/4/2017) malam.

Kapasitas data E-KTP terbilang sangat jauh dibandingkan dengan kartu-kartu lainnya. Kartu perbankan dan kartu BPJS Ketenagakerjaan misalnya, kapasitas datanya bisa mencapai 80 kilobyte.

Dengan kapasitas itu, platform Kartin1 bisa di masukan ke dalam kartu perbankan dan kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Selain persoalan kapasitas data, e-KTP juga dinilai tidak memilki kualitas sebaik kartu identitas lain. Apalagi bila nanti kartu tersebut digunakan untuk transaksi perbankan.

"Sekarang aja ditaruh di dompet plastiknya nempel ya. Kebayang kalau dijadiin buat transaksi? nambah terkelupas nanti," kata Iwan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X