Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Darmin Belum Tahu "Agenda Besar" yang Dibawa Mike Pence

Kompas.com - 20/04/2017, 12:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution belum mau bicara banyak terkait kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence ke Indonesia.

Bahkan Menko Darmin juga mengaku belum mengetahui bahasan apa saja yang akan dibicarakan antara pemerintah dengan Mike Pence.

"Waduh enggak tahu deh (apa yang akan dibicarakan nanti)," ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

(Baca: Kunjungan Wapres AS ke Indonesia Fokus pada Perdagangan?)

 

Saat ditanya apakah pemerintah akan turut membawa isu Freeport ke hadapan Mike Pence, Darmin kembali menjawab belum mengetahuinya.

Seperti diketahui, hubungan pemerintah dan PT Freeport Indonesia sedang panas dingin. Hal itu disebabkan isu perpanjangan kontrak perusahaan tambang AS itu di Indonesia.

Pemerintah ingin Freeport mengubah status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Penambangan Khusus (IUPK). Namun hal itu belum berjalan mulus lantaran Freeport mengajukan sejumlah syarat.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai, kedatangan Mike Pence ke Indonesia masih terkait Freeport.

Bahkan ia menilai Pence akan menjadi perpanjangan tangan Presiden AS Donald Trump untuk melakukan pembahasan terkait nasib Freeport.

(Baca: Bahas Nasib Freeport, Mike Pence Jadi Penyambung Lidah Trump)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com