Mantan Menteri Pertambangan: Pemerintah dan Freeport Harusnya Saling Menguntungkan

Kompas.com - 20/04/2017, 19:55 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembicaraan yang alot antara pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia mengundang komentar dari mantan Menteri Pertambangan dan Energi era Orde Baru, Soebroto.

Soebroto menilai, pemerintah Indonesia dan Freeport Indonesia seharusnya bisa menguntungkan satu sama lain. Dia menilai pemerintah Indonesia menguasai kekayaan alam yang ada, namun belum bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Dengan adanya perusahaan tambang yang bermarkas di Amerika Serikat (AS) tersebut, kekayaan alam yang ada di dalam perut bumi tanah air bisa dimanfaatkan dengan alat dan sumber daya manusia yang memadai.

"Artinya keduanya saling membutuhkan. Mereka juga saling mengetahui perbedaan, pemerintah sebagian besar di terima pengusaha, begitu juga Freeport diterima pemerintah," kata Soebroto di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Melihat hubungan yang saling menguntungkan antar-kedua belah pihak, yang seharusnya dilakukan adalah Freeport Indonesia menjalankan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan pemerintah memberikan suatu kebijakan yang tidak merugikan sang pengelola.

Kalaupun dalam perjalanannya terdapat ketidaksepahaman, maka fungsi dari negosiasi haruslah berjalan.

"Jangan ngotot-ngotot kan bisa negosiasi. Negosiasi yang dilakukan sekarang kan semakin lama bertemu, maka semakin bertemu maka Freeport dan pemerintah bisa saling menguntungkan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.