Menperin: Gelaran Pilkada DKI Tak Ganggu Aktivitas Industri

Kompas.com - 21/04/2017, 10:41 WIB
Menperin Airlangga Hartarto saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenperin Airlangga Hartarto saat acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian ( Menperin) Airlangga Hartarto memuji berlangsungnya pesta demokrasi dalam Pilkada DKI Jakarta yang aman dan tertib. Menurut dia kondisi itu akan memberikan sinyal positif kepada dunia internasional.

“Proses demokrasi telah berjalan dengan damai dan aman. Itu memberikan sinyal positif bahwa di Indonesia proses demokrasi berjalan baik dan transparan,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Menperin Airlangga menilai secara keseluruhan dari gelaran Pilkada DKI Jakarta tidak mempengaruhi aktivitas industri.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif agar pelaku industri dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan diharapkan para investor juga aktif berekspansi di Indonesia.

“Untuk lingkungan industri positif dan tidak ada yang terganggu baik itu investasi di sektor industri tetap berjalan seperti biasa,” imbuhnya.

Meski ibu kota negara, menurutnya, bukan berarti kondisi iklim industri di Jakarta mencerminkan iklim industri di Indonesia secara keseluruhan.

"Karena masih ada kota-kota lain di Indonesia yang juga menjadi penyumbang pasar industri," paparnya.

Namun demikian, Menperin Airlangga optimistis kepada pemimpin DKI Jakarta yang akan terpilih dapat membawa dampak positif pada iklim usaha.

"Seperti latar belakang Pak Sandi kan pebisnis, dan Pak Anies juga sebelumnya memiliki komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Saya pikir pemerintahan di Jakarta berikutnya akan pro bisnis dan diharapkan mampu mendongkrak industri bisnis dan jasa,” papar Menperin Airlangga.

(Baca: Pilkada DKI Dua Putaran, Pemerintah Tak Khawatir Ekonomi Terganggu)

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X