Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12,7 Juta Hektar Lahan Kehutanan untuk Dikelola Petani Miskin

Kompas.com - 22/04/2017, 20:29 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang menyiapkan 12,7 juta hektar lahan hutan untuk dijadikan perhutanan sosial. Nantinya para petani miskin bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk dikelola secara berkelompok.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sebagian lahan perhutanan sosial itu berada di Jawa, dan hingga saat ini sudah ada 2 juta hektar lahan yang tersedia.

"Nanti kami lihat harus ada aturan main yang betul," ujar Darmin usai acara Kongres Ekonomi Umat di Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Namun ia mengatakan, meski 12,7 juta hektar digarap, bukan berarti kepemilikan lahannya akan dilepas kepada petani. Petani hanya diberikan konsesi untuk mengelola lahan itu dengan batas waktu tertentu. Bila berhasil, izin pengelolaan lahannya bisa diperpanjang.

"Harus ada pengawasan dan orang yang membeli (hasil produksi) kan. Repot lagi nanti kalau harganya jatuh," kata Darmin.

Tetapi ia menegaskan, 12,7 juta hektar lahan itu berbeda dengan tanah untuk reforma agraria. Khusus untuk reforma agraria, lahan yang disediakan dan akan berikan kepada petani 9 juta hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com