Kompas.com - 23/04/2017, 12:36 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komoditas penting yakni bawang putih tengah mengalami kenaikan harga di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, saat ini ada tiga komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang putih, daging ayam, dan gula pasir.

"Ini tercatat yang harganya lagi agak tinggi ada tiga, pertama bawang putih, gula pasir, dan daging ayam," ujar Mansuri kepada Kompas.com, Minggu (23/4/2017).

Mansuri mengatakan, kenaikan harga yang terjadi saat ini adalah dampak dari permintaan konsumen yang meningkat akibat libur panjang.

"Bawang putih sudah mencapai Rp 50.000 per kilogram, minggu lalu masih dikisaran Rp 40.000 per kilogram, normalnya bawang putih ini Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kilogram," tambahnya.

Menurutnya, hal ini harus diwaspadai oleh pemerintah karena saat ini sudah mendekati bulan puasa, dimana permintaan masyarakat akan semakin meningkat. "Apalagi untuk bawang putih ini kita (Indonesia) tidak berproduksi, impor dari China, Vietnam, dan Thailand," ungkapnya.

Mansuri melanjutkan, untuk harga gula pada saat ini telah mencapai Rp 15.000 per kilogram, dan daging ayam mencapai Rp 33.000 per ekor. Sementara itu, lanjut Mansuri, saat ini untuk keseluruhan pasokan bahan pangan pokok berangsung normal dan tidak mengalami gangguan apapun.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata bawang putih di Jakarta mencapai Rp 52.500 per kilogram atau tertinggi se Indonesia jika dibandingkan seluruh provinsi lainnya.

Sementara harga gula pasir mencapai RP 14.500, dan daging ayam Rp 31.750 per ekor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.