Harga Bahan-bahan Pokok Ini Rawan Naik jelang Puasa

Kompas.com - 25/04/2017, 12:52 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita  di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin (17/4/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin (17/4/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan pokok jelang Ramadhan kerap merangkak naik. Penyebabnya beragam, mulai dari terbatasnya ketersediaan barang hingga distribusi yang terlambat karena berbagai faktor.

Tahun ini, pemerintah meyakini ketersediaan bahan pokok lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyakarat selama Ramadhan. Namun, situasi kenaikan harga bisa saja kembali terjadi.

Berbagai bahan pokok yang menjadi fokus pemerintah di antaranya beras, daging sapi, telur, gula, dan minyak goreng.

"Dicek juga mengenai perkembangan harganya, dan ketertarikannya," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai rapat koordinasi terkait pangan jepang Ramadhan di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Meski sebagian harga bahan pokok itu sedang mengalami penurunan, namun potensi kenaikkan harga tetap ada.

Menurut Mendag, ada keterlambatan distribusi bahan pokok ke berbagai daerah. Hal ini diwaspadai pemerintah akan membuat harga bahan pokok merangkak naik bila tidak ada langkah cepat.

Hari ini, Mendag mengaku akan mengumpulkan semua distributor bahan pojok tersebut. Diharapkan dengan begitu masalah distribusi bisa segera diselesaikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X