Rektor UMN: Mahasiswa Harus Bercita-cita Jadi Wirausaha

Kompas.com - 26/04/2017, 14:07 WIB
Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ninok Laksono saat Membuka Diskusi di di Gedung UMN Serpong, Tangerang, Rabu (26/4/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIRektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ninok Laksono saat Membuka Diskusi di di Gedung UMN Serpong, Tangerang, Rabu (26/4/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com -  Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ninok Laksono menyarankan mahasiswa tidak mencari lowongan kerja setelah lulus sarjana, tetapi berinisiatif membangun usaha sendiri. 

Sebab, kata dia, menjadi wirausaha lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan juga masyarakat luas. 

"Dulu kita bangga setelah wisuda, 90 persennya dapat pekerjaan. Bekerja bagus tetapi sebagai pengalaman saja. Cita-cita lebih bagus dan bermanfaat ya jadi wirausaha," ujar Ninok saat acara UMN Startup Conference 2017 yang diselenggarakan Skystar Ventures di Kampus UMN Serpong, Tangerang, Rabu (26/4/2017). 

Menurut Ninok, dengan berwirausaha, maka seseorang juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Ninok menambahkan, salah satu usaha yang dapat bisa diciptakan lulusan sarjana adalah membuat perusahaan rintisan atau startup. Namun, kata dia, membuat startup perlu inovasi dan menggunakan teknologi yang tinggi, sehingga dapat bersaing dengan startup dari negara lain. 

"Jadi membuat startup itu jangan hanya punya saja, tetapi harus terus berinovasi dan menggunakan teknologi. Ini adalah tahap yang paling canggih. Dan kita harapkan adanya terobosan dari startup yang sudah ada," tandasnya. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah wirausaha Indonesia sebanyak 7,9 juta atau 3,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 252 juta orang.

Jumlah wirausaha tersebut masih kecil dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia yang sebesar 5 persen dari penduduknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X