Rupiah Kamis Pagi Melemah ke Rp 13.291 Per Dollar AS

Kompas.com - 27/04/2017, 12:06 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (27/4/2017) bergerak melemah sebesar 13 poin menjadi Rp13.291, dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.278 per dolar AS.

" Dollar AS mulai berbalik menguat seiring dengan pelemahan harga minyak mentah dunia, situasi itu turut menjadi sentimen negatif bagi rupiah," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, Kamis.

Harga minyak jenis WTI Crude pada Kamis (27/4) pagi melemah 0,40 persen menjadi 49,42 dolar AS per barel, dan Brent Crude turun 0,25 persen menjadi 51,69 dolar AS per barel.

Ia menambahkan dollar AS juga mendapat sentimen positif setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan akan mengumumkan rencana pemangkasan pajak dalam waktu dekat.

"Pelaku pasar memanfaatkan kondisi itu dengan masuk pada aset berdenomnasi dolar AS sehingga menahan laju mata uang rupiah," katanya.

Sementara itu, Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan bahwa terlepas dari faktor global, saat ini fokus pasar juga tertuju pada data ekonomi domestik yang akan dirilis pada pekan depan.

" Rupiah mungkin akan tertekan sementara, adanya perbaikan fundamental ekonomi domestik akan meminta kurs rupiah yang lebih kuat," katanya.



Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X