Singapura Siap Tanam Investasi di Kawasan Danau Toba

Kompas.com - 27/04/2017, 12:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura S Iswaran kepada Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung mengatakan, sangat tertarik berinvestasi di Sumatera Utara khususnya di Kawasan Strategis Nasional (KSN) Danau Toba.

Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Negara Singapura, Iswaran membawa serta sejumlah pengusaha perhotelan dan resort, energi terbarukan dan kapal pesiar.

Iswaran bilang, kedatangannya kali ini sebagai tindaklanjut kesepakatan kerja sama Singapura dan Indonesia serta Provinsi Sumatera Utara dalam sektor pariwisata dan energi. Untuk pariwisata, pihaknya akan membantu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

"Kita akan bangun hotel dan resort, setelah itu akan kita datangkan kapal pesiar yang membawa wisatawan asing singgah ke Medan dan Sumatera Utara," ucapnya, Rabu (26/4/2017).

Sementara itu, Nurhajizah Marpaung mengucapkan terima kasih dan mengatakan kerjasama ini akan memberi angin segar dan manfaat ekonomi di Sumut.

Menurutnya, Sumut tidak hanya dikenal memiliki potensi sumber daya manusia tapi juga kekayaan alam yang berlimpah.

“Potensi kita berlimpah namun belum maksimal menggali potensinya. Kita berharap ada peran serta investor menggali potensi tersebut. Makanya tawaran kerjasama ini sangat kami sambut dan kalau bisa dapat segera dilaksanakan,” ujarnya.

Dia berharap tawaran kersajama tidak hanya di fokuskan di kawasan Danau Toba saja, tapi juga di daerah kabupaten dan kota lainnya.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Utara Elisa Marbun mengapresiasi tawaran kerjasama yang ditawarkan Singapura dan yakin tingkat kunjungan wisatawan asing ke Sumut nantinya akan semakin meningkat. 

“Rencananya September ini Bandara Silangit akan diresmikan menjadi bandara internasional oleh Presdien Jokowi. Bandara ini akan memangkas jarak tempuh ke Danau Toba lewat jalur darat. Apalagi kalau nanti ada pererbangan langsung Silangit-Singapura,” ujar Marbun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.