Keterlibatan PLN dalam Sinergi Pertamina-PGN Ditunggu

Kompas.com - 27/04/2017, 22:30 WIB
Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mencontohkan, salah satu sinergi antara Pertamina-PGN yang sudah berlangsung yaitu pengelolaan FSRU oleh PT Nusantara Regas Dok. BUMNDirektur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mencontohkan, salah satu sinergi antara Pertamina-PGN yang sudah berlangsung yaitu pengelolaan FSRU oleh PT Nusantara Regas
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Integrasi kegiatan bisnis antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tbk sudah beberapa tahun ini dijalankan, kendati holding BUMN minyak dan gas bumi (Migas) belum terbentuk.

Keterlibatan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dalam sebuah sinergi bersama kedua perseroan pun dinantikan. Sebab, integrasi kegiatan bisnis diantara ketiga BUMN energi itu diyakini dapat mendorong pemenuhan atau akses masyarakat terhadap kebutuhan energi.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mencontohkan, salah satu sinergi antara Pertamina-PGN yang sudah berlangsung yaitu pengelolaan FSRU oleh PT Nusantara Regas, yang saat ini melayani PLTGU Tanjung Priok, Muara Tawar dan Muara Karang.

"Ini sangat vital sekali. Karena kalau terjadi sesuatu, maka kecenderungannya PLN akan mendapatkan gangguan cukup serius dalam penyediaan listrik untuk masyarakat," kata Dilo di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Kamis (26/4/2017).

Dilo menambahkan, sinergi Pertamina-PGN lain yang sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir ini adalah penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk pembangunan jaringan gas kota (jargas).

"Walaupun proses holding masih berjalan, namun di ranah operasional kami melakukan bentuk kerja sama yang harapannya dapat menghasilkan sinergi positif," imbuh Dilo.

Saat ini, salah satu sinergi yang sedang dilakukan keduanya yaitu mempercepat proyek pipanisasi Duri-Dumai untuk memasok gas ke kilang minyak RU II Dumai, perluasan penerapan open access dan membantu monetisasi cadangan gas di lokasi sumur gas terutama lapangan gas yang marginal.

Dengan berbagai kerja sama yang sudah dan tengah dilakukan antara Pertamina dan PGN, Dilo berharap ke depan perusahaan setrum pelat merah PLN bisa ikut berpartisipasi.

"Harapannya kerja sama ini bisa diperluas, tidak hanya antara Pertamina dan PGN, tetapi juga dengan PLN. Sehingga sinergi BUMN ini memang akhirnya bisa dirasakan oleh masyarakat," kata Dilo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X