Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencana Agri Ltd Anggarkan Rp 75 Miliar Bangun Pabrik Pengolahan CPO di Sulteng

Kompas.com - 28/04/2017, 12:45 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

TEMPILANG, KOMPAS.com - Pada semester II 2017, Kencana Agri Ltd berencana membangun pabrik pengolahan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Adapun dana yang akan dianggarkan perusahaan perkebunan yang tercatat di bursa efek Singapura dan memiliki lahan perkebunan kelapa sawit serta pabrik CPO dan crude palm kernel oil/CPKO di Indonesia ini adalah sebesar Rp 75 miliar.

"Investasinya sekitar Rp 75 miliar," kata Direktur Keuangan Kencana Agri, Kent Surya di Tempilang, Kamis (27/4/2017).

Kent menuturkan, pendanaan untuk pembangunan pabrik yang dapat beroperasi dengan kapasitas 30 metrik ton per jam tersebut akan didapatkan dari dana internal perusahaan dan pinjaman perbankan. 

"Porsinya 35 persen dipenuhi dari internal dan 65 persen dari perbankan," tutur Kent.

Menurut Kent, hingga saat ini, pihaknya sudah memiliki lima pabrik CPO dengan kapasitas total 225 metrik ton per jam yang berada di beberapa titik di Indonesia.

Salah satu usaha perkebunan dan pengolahan sawit Kencana Agri Ltd di Tempilang Bangka yang dikelola PT Sawindo Kencana memiliki total luas lahan sawit seluas 166 ribu hektare (ha). Dari jumlah tersebut lahan yang telah ditanami seluas 66 ribu ha.

Untuk perkebunan di Tempilang Bangka, pihaknya belum ada rencana untuk melakukan perluasan lahan. Pihaknya masih akan memanfaatkan potensi sawit yang ada saat ini.

"Kami belum ada rencana untuk menambah luas lahan yang akan ditanami tahun ini, dari yang sudah ada saja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com