Hadapi Ramadhan, Kemendag Siapkan Minyak Goreng 1,5 Juta Ton

Kompas.com - 29/04/2017, 08:00 WIB
Mendag Enggartiasto Lukita saat meninjau ketersediaan stok minyak goreng di PT. Panca Nabati Prakarsa Pulo Gadung, Jakarta, Jumat (28/4/2017).  KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMendag Enggartiasto Lukita saat meninjau ketersediaan stok minyak goreng di PT. Panca Nabati Prakarsa Pulo Gadung, Jakarta, Jumat (28/4/2017). 
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan ( Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, guna menghadapi bulan Ramadhan hingga Lebaran 2017 pemerintah memiliki stok minyak goreng sebanyak 1,5 juta ton.

"Kalau ada kenaikan harga yang tidak wajar, kami siap menggelontorkan 1,5 juta ton minyak ke pasar," ujarnya saat meninjau ketersediaan stok minyak goreng di PT Panca Nabati Prakarsa Pulo Gadung, Jakarta, Jumat (28/4/2017). 

Mendag Enggartiasto menjelaskan, stok sebanyak 1,5 juta berasal dari 14 produsen minyak goreng dan menyerahkan kewenangan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mengatur penyaluran stok minyak goreng tersebut.

"Begitu ada kelangkaan minyak goreng, bisa kapan saja saya kirim," jelas Mendag Enggartiasto.

Ia menjelaskan, pihaknya memprediksi kebutuhan minyak goreng saat Ramadhan hingga Lebaran mendatang diperkirakan mencapai 20 juta liter per bulan naik dari yang biasanya hanya 13 hingga 14 juta liter per bulan.

Dirinya juga menjamin, pasokan minyak goreng selama Ramadhan hingga Lebaran akan tersedia dengan baik.

"Untuk minyak Indoneisa sudah tidak perlu diragukan, kita ini produsen terbesar crude palm oil (CPO) beserta turunannya, dan Indonesia bersama Malaysia menguasai 80 persen pasar CPO dunia," ungkapnya.

Mendag pun optimis, dari sisi harga tidak akan bergejolak tinggi karena pemerintah telah menetapkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 11.000 per liter. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT Panca Nabati Prakarsa Adi Wisoko Kasman yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Minyak Makan Indonesia, menegaskan bahwa produsen minyak goreng nasional saat ini dapat memenuhi kebutuhan minyak goreng. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X