4 Tanda Anda Tidak Perlu Memiliki Kartu Kredit

Kompas.com - 29/04/2017, 09:00 WIB
Ilustrasi Kartu Kredit Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi Kartu Kredit
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.comKartu kredit termasuk salah satu produk revolusioner di sektor keuangan puluhan tahun lalu hingga kini di era digital. Kehadiran alat transaksi nontunai berbasis utang telah banyak mengubah gaya hidup masyarakat di seluruh dunia.

Di balik banyak manfaat dan keuntungan yang ditawarkan kartu kredit, alat transaksi nontunai ini sering menjadi sumber masalah besar bagi keuangan seseorang. Hal ini terjadi kebanyakan karena kurang memadainya pengetahuan finansial dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di dalam kartu kredit.

Selain itu, tidak semua orang membutuhkan kartu kredit untuk mendukung transaksi ekonomi sehari-hari. Bila memang Anda tidak membutuhkan kartu kredit, maka tidak perlu memaksakan diri memiliki kartu kredit sekadar untuk gaya hidup.

Berikut ini ciri-ciri nasabah yang tidak membutuhkan kartu kredit, seperti dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Anda tidak nyaman dengan utang

Anda termasuk orang yang tidak senang memiliki utang yang terasa seperti beban tanggungan. Anda lebih senang membayar segala transaksi dengan tunai, baik dengan uang tunai maupun dengan alat transaksi nontunai nonutang seperti kartu debit, uang elektronik, dan lain sebagainya. Berutang bagi Anda hanya menambah beban pikiran dan membuka godaan-godaan untuk berperilaku konsumtif.

Sebenarnya gak salah Anda takut berutang. Kartu kredit memang bukan kartu bukan mencari utang. Kartu kredit hanya sebagai kartu untuk mempermudah transaksi. Bukan kartu untuk mencari utang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam setiap transaksi, bank akan menalangi lebih dahulu, dan sebelum jatuh tempo Anda harus membayar secara penuh semua nilai transaksi tersebut. Anda akan bebas bunga. Jika Anda membayar dengan cicilan minimal, bank akan mengenakan bunga yang tinggi (sebesar 2,95 persen) atas dana yang telah Anda gunakan.

2. Anda bisa memenuhi gaya hidup tanpa kartu kredit

Banyak orang akhirnya memilih memiliki kartu kredit untuk mendukung gaya hidupnya supaya bisa dijalankan dengan biaya lebih murah. Misalnya, penyuka travelling memakai kartu kredit travel yang memungkinkan dia mendapatkan promo tiket maskapai lebih murah, penginapan lebih ekonomis. Penyuka belanja akan merasa kehadiran kartu kredit dengan banyak promo merchant bisa membantu gaya hidupnya dengan lebih ekonomis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X