Saham Apple Sokong Penguatan di Wall Street

Kompas.com - 02/05/2017, 06:13 WIB
Bursa saham New York atau New York Stock Exchange Thinkstockphotos.comBursa saham New York atau New York Stock Exchange
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Senin waktu setempat atau Selasa (2/5/2017) waktu Indonesia, didorong oleh naiknya saham Apple serta saham-saham industri teknologi tinggi lainnya.

Saham Apple menguat 2 persen dan mencapai rekor tertingginya hingga menopang penguatan saham-saham di tiga indeks utama di Wall Street. Penguatan ini terjadi sehari sebelum produsen iPhone itu merilis laporan keuangannya pada Selasa waktu setempat.

Para investor bersiap untuk menghadapi pekan tersibuk karena dirilisnya laporan keuangan  emiten. Banyak laporan keuangan yang melebihi ekspektasi para pemodal.

Indeks S&P 500 ditutup menguat 4,13 poin atau 0,17 persen ke level 2.388,33 dan indeks Nasdaq naik 44 point atau 0,73 persen di sesi penutupan dan terparkir di level 6.091,60. Ini sekaligus membuat indeks ini menyentuh rekor baru.

Dari perhitungan Reuters, secara rata-rata, keuntungan perusahaan-perusahaan yang menjadi konstituen S&P 500 tumbuh 13,6 persen pada kuartal I 2017 atau tertinggi sejak 2011.

Para analis pasar telah memperhatikan kinerja keuangan ini untuk menghitung ulang valuasi saham. Dengan mempertimbangkan kinerja keuangan emiten, indeks S&P 500 telah bergerak lebih tinggi 20 persen dari rata-rata kenaikan jangka panjang.

"Ini karena kuatnya laporan keuangan triwulanan yang berada di posisi tertinggi dalam beberapa tahun beakangan," ujar Peter Tuz, CEO Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia.

Namun demikian, indeks The Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 27,05 poin atau 0,13 persen ke posisi 20.913,46, setelah menyentuh rekor mingguan terbaik selama 2017 pada pekan lalu.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X