Sri Rahayu, "Baby Sitter" yang Anggap Orangutan Seperti Anak Sendiri

Kompas.com - 02/05/2017, 20:00 WIB
Sri Rahayu, baby sitter orangutan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah. Foto diambil pada Senin (1/5/2017). KOMPAS.com/KURNIA SARI AZIZASri Rahayu, baby sitter orangutan dari Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah. Foto diambil pada Senin (1/5/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi "baby sitter" atau pengasuh anak bayi sudah hal yang biasa. Tapi kalau jadi baby sitter orangutan, wah gimana ya rasanya?

Sri Rahayu, seorang perempuan berusia 42 tahun yang beruntung karena memiliki kesempatan tersebut.

Ya, Sri adalah seorang baby sitter untuk para orangutan. Sejak tahun 2007, Sri yang sebelumnya merupakan ibu rumah tangga memutuskan untuk bekerja di pusat rehabilitasi orangutan Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Sepuluh tahun bekerja, Sri sudah merasakan mengasuh orangutan dari yang masih bayi hingga dewasa atau berusia sekitar delapan tahun.

Kemudian apa yang membuat Sri akhirnya memilih menjadi baby sitter orangutan? Padahal sebelumnya ia mengaku sebagai seorang yang penakut terhadap berbagai binatang, termasuk orangutan.

Berikut petikan wawancara Kompas.com dengan Sri, di pusat rehabilitasi Nyaru Menteng, Senin (1/5/2017):

Kompas.com (K): Apa yang membuat Ibu tertarik menjadi baby sitter orangutan?

Sri (S): kebetulan saja tertarik dengan rehabilitasi orangutan di sini, karena memang sebelumnya secara pribadi saya belum mengetahui bentuk dan rupa orangutan tersebut. Merasa tertarik karena ingin tahu orangutan seperti apa sih, sampai akhirnya betah sampai sekarang.

K: Sebelumnya pernah bekerja di kebon binatang, atau ada keahlian khusus?

S: Enggak ada keahlian. Justru saya penakut sama semua binatang. Tapi saya semangati diri saya sendiri, "Ayo kamu bisa.. Kamu bisa ya..".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.