Kini Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Bisa Lewat "Mandiri E-Cash"

Kompas.com - 03/05/2017, 13:43 WIB
Penandatangan nota kesepahaman Antara Bank Mandiri dengan BPJS Kesehatan di Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (3/5/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIPenandatangan nota kesepahaman Antara Bank Mandiri dengan BPJS Kesehatan di Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (3/5/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri memberikan layanan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Layanan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan yang diberikan yakni melalui fasilitas Mandiri e-Cash.

Pemberian layanan iuran BPJS Kesehatan tercantum dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Government dan Institutional Bank Mandiri Kartini Sally dengan Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari di Plaza Mandiri Jakarta, Rabu (3/5/2017). 

Kartini Sally mengatakan, Mandiri e-cash memudahkan peserta JKN-KIS untuk membayar tanpa perlu membuka rekening Bank Mandiri.

"Jadi intinya tidak semua peserta JKN-KIS memiliki tabungan. Biasanya kan pembayaran menggunakan saluran ATM, Nah sekarang lewat Mandiri e-cash diharapkan lebih mudah," ujar Sally.

Sally menuturkan, layanan ini dapat menambah kepesertaan masyarakat dari JKN-KIS. Selain itu, juga dapat menambah jumlah transaksi dari pembayaran iuran BPJS. 

"Tahun lalu transaksi (Mandiri e-cash) mencapai 4.987 transaksi per bulan. Posisi saat ini sudah 5.371 transaksi per bulan. Kami harapkan minat kepesertaan JKN-KIS makin tinggi," katanya.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan, layanan yang diberikan Bank Mandiri dapat meningkatkan kepastian pembayaran iuran dari peserta JKN-KIS.

Menurut dia, layanan yang diberikan ini dapat merealisasikan target kepesertaan JKN-KIS yang sebesar 201 juta orang.

"Maka kami berharap, jumlah peserta akan meingkat, sekarang sudah 176,9 juta orang. Diharapkan, juga ada kepastian kecepatan pembayaran," pungkas Ani.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X