Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbongkar, Ekspor Tekstil Bodong Berisi Air

Kompas.com - 03/05/2017, 14:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bea Cukai menggagalkan upaya ekspor tekstil bodong ke sejumlah negara. Modusnya, sebagian kontainer barang justru diisi plastik-plastik berisi air.

Pertama PT SPL, memberitahukan ekspor barang 4,038 roll, namun saat di periksa hanya ada 583 roll kain di dalam kontainernya. Untuk memastikan berat kontainer sesuai yang dilaporkan, perusahaan memberikan plastik-plastik berisi air.

"Ini artinya apa, mereka ingin membobol keuangan negara," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Menurut Sri Mulyani, ekspor tekstil bodong itu dilakukan perusahaan untuk mendapatkan berbagai fasilitas insentif dalam mengimpor bahan baku produksinya. Namun, insentif yang diberikan pemerintah untuk mendorong daya saing perusahaan Indonesia justru disalahgunakan oleh perusahaan dengan melakukan ekspor bodong.

Selain PT SPL, penyalahgunaan fasilitas pemerintah juga dilakukan oleh PT LHD dalam mengekspor gorden. Modusnya sama yakni dengan memasukan plastik-plastik berisi air ke dalam kontainer ekspor.

Menurut Sri Mulyani, potensi kerugian negara akibat praktik curang tersebut mencapai Rp 118 miliar. Ada 3 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas dua kasus itu. Mereka dijerat UU Kepabeanan hingga tindak pidana pencucian uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com