Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi IV DPR Dorong Pengembangan Budidaya Ikan

Kompas.com - 04/05/2017, 19:51 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi perkembangan kegiatan budidaya ikan di Banjarnegara.

Komisi IV meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong pengembangan subsektor perikanan budidaya.

"Keberhasilan usaha budidaya ikan di Banjarnegara ini, secara langsung memicu spirit komisi IV untuk terus mendukung kegiatan para pembudidaya ikan di Indonesia," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron Kamis (5/4/2017). 

Herman menuturkan, Komisi IV telah mendukung peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan. Salah satunya dengan mengeluarkan Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam. 

"Ini sebagai kado yang kami persembahkan untuk masyarakat, dengan harapan akan mampu melindungi dan membuat masyarakat nelayan, petani garam dan pembudidaya ikan semakin berdaya," katanya.

(Baca: Topang Ketahanan Pangan, KKP dan BPPT Dorong Teknologi Budidaya Ikan

"Perikanan Budidaya punya peran sangat penting dalam menurunkan angka ketimpangan ekonomi, melalui penciptaan alternatif usaha, yaitu paling tidak pendapatan masyarakat dari usaha budidaya ikan bisa digenjot hingga minimal 3 juta rupiah per bulan," imbuh Slamet.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengemukakan bahwa KKP akan terus mendorong kawasan-kawasan pertumbuhan ekonomi berbasis perikanan budidaya yang spesifik dengan potensi daerah.

Slamet pun menambahkan, salah satu upaya konkrit yang saat ini dilakukan melalui intensifikasi budidaya dan diversifikasi varian jenis komoditas sesuai potensi spesifik daerah.

Selain itu, KKP telah melakukan berbagai inovasi teknologi yang secara langsung mampu diadopsi masyarakat, diantaranya pengembangan budidaya lele bioflok, pengembangan minapadi, budidaya udang skala rumah tangga, budidaya ikan hias, budidaya rumput laut, dan pengembangan pakan mandiri.

"Hampir 80 persen lebih anggaran KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya, kami gelontorkan ke daerah dalam rangka memberdayakan masyarakat," tandasnya. 

Tercatat tahun 2015 produksi perikanan budidaya di Kabupaten Banjarnegara mencapai 17.874 ton atau memberikan share sebesar 4,3 persen terhadap produksi perikanan budidaya Propinsi Jawa Tengah yang mencapai 421.022 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com