Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji-janji Bos Freeport McMoran untuk Masyarakat di Papua

Kompas.com - 04/05/2017, 21:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Freeport McMoran Inc, Richard Adkerson kembali menyambangi Indonesia. Tujuannya yakni bertemu dengan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Ignasius Jonan.

Usai pertemuan, Adkerson menyampaikan beberapa janji dihadapan awak media. Salah satunya yakni terkait nasib sejumlah suku di Mimika, Papua.

"Kami memiliki komitmen jangka panjang untuk (suku) Amongme, dan juga untuk kelompok lain di sana," ujarnya, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Janji komitmen Freeport yang disebutkan Adkerson meliputi aspek kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan kesejahteraan suku masyarakat di Mimika.

Bahkan ia juga menuturkan bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut adalah bagian dari tanggung jawab Freeport yang merepresentasikan 90 persen ekonomi Mimika.

Bagi Freeport, isu utama yang penting adalah kepastian tentang operasional perusahaan tambang asal AS itu. Dengan itu ucap ia, Freeport percaya diri untuk melanjutkan berinvestasi besar di Indonesia.

Pertemuan antara Freeport dengan Menteri ESDM sendiri membahas sejumlah hal. Pertama berunding untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan kelangsungan operasi PT Freeport Indonesia sampai 10 Oktober 2017 ini.

Kedua, pembahasan perundingan harus meliputi 4 hal yakni ketentuan pajak, divestasi, kelangsungan operasi setelah 2021 dan mengenai pembangunan smelter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com