Jelang Pertemuan IMF-World Bank, Kualitas Jalan di Bali Diperbaiki

Kompas.com - 06/05/2017, 21:00 WIB
Peta Bali KOMPAS.com/SRI LESTARIPeta Bali
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat meningkatkan kualitas jalan di Bali jelang penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, peningkatan kualitas jalan akan dilaksanakan di lokasi wisata di Bali. Seperti Jimbaran, Uluwatu, Bedugul, dan Pura Besakih.

"Peningkatan kualitas jalan melalui pelebaran jalan, pembangunan drainase, perbaikan trotoar dan perbaikan geometri jalan," kata Arie, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/5/2017).

Dukungan infrastruktur PUPR yakni pembangunan underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, pelebaran jalan Jimbaran-Uluwatu dan Klungkung-Penelokan-Ulundanu, dan rehabilitasi Batas Kota Singaraja-Mengwitani.

Rencananya, underpass Simpang Tugu Ngurah Rai akan dibangun sepanjang 712 meter dan konstruksinya dimulai pada Agustus 2017 dengan anggaran Rp 210 miliar.

Pembangunan underpass ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dari dan menuju Bandara Ngurah Rai, Sanur, dan Nusa Dua.

Kemudian pelebaran jalan Jimbaran-Uluwatu akan dilaksanakan sepanjang 4,40 kilometer dengan anggaran Rp 52 miliar.

Arie menjelaskan tujuan pembangunan underpass agar tidak ada lagi simpang sebidang di Bundaran Tugu Ngurah Rai yang kerap menimbulkan kemacetan.

Adapun kendala yang dihadapi dalam pembangunan underpass ini adalah jarak lokasi yang berdekatan dengan ujung landasan pacu Bandara Ngurah Rai dan juga pemindahan utilitas berupa pipa gas.

"Jarak pembangunan terlalu dekat dengan landasan pacu bandara, sementara peralatan kami tidak boleh terlalu tinggi karena akan mengganggu penerbangan. Namun kendala tersebut diputuskan teknologi apa yang akan diterapkan agar pembangunan dapat selesai dengan cepat," kata Arie.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X