Bursa Asia Dibuka Menguat Pasca Hasil Pilpres Perancis

Kompas.com - 08/05/2017, 10:31 WIB
Pejalan kaki menunggu untuk menyeberang di depan papan indeks Nikkei 225. AP PHOTO / SHUJI KAJIYAMAPejalan kaki menunggu untuk menyeberang di depan papan indeks Nikkei 225.
|
EditorAprillia Ika

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Asia dibuka menguat pada perdagangan Senin (8/5/2017) sejalan dengan kemenangan Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden di Perancis. Kemenangan Macron bahkan mendorong indeks saham Jepang Nikkei menguat ke level tertinggi sejak Desember 2015.

Mengutip CNBC, Macron mengalahkan kandidat lainnya, yakni Marine Le Pen secara telak pada pilpres putaran kedua yang digelar Minggu (7/5/2017).

Macron kabarnya memperoleh 65,1 persen suara. Macron, yang berusia 39 tahun, akan menjadi Presiden termuda sepanjang sejarah Perancis.

Ray Attrill, Head of FX Strategy di National Australia Bank menyatakan reaksi pasar sempat tertunda pasca pilpres Perancis, meski nilai tukar euro dan dollar AS menguat signifikan.

Euro menguat ke level tertinggi dalam enam bulan pada sesi awal perdagangan, yakni 1,10 dollar AS terhadap nilai tukar dollar AS.

"Kami mengekspektasikan euro dapat menguat lebih tinggi dalam beberapa minggu dan bulan ke depan. Ini sebagian disebabkan karena Bank Sentral Eropa (ECB) menunjukkan keyakinan yang lebih besar bahwa risiko penurunan di zona Eropa dan inflasi akan surut," jelas Attrill.

Indeks saham Jepang Nikkei 225 menguat 1,39 persen. Indeks Nikkei 225 juga mencapai rekor tertingginya sejak Desember 2015. Indeks saham Korea Selatan Kospi menguat sebesar 0,21 persen.

Sementara itu, indeks saham Australia ASX 200 menguat 0,75 persen.

(Baca: Wall Street Diperkirakan Naik Pasca Hasil Pilpres Perancis)

Kompas TV 30 Persen Investor Pasar Modal Adalah Usia Pelajar



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X