Kompas.com - 08/05/2017, 12:40 WIB
Peresmian layanan komersial PT Pefindo Biro Kredit di Bursa Efek Indonesia, Senin (8/5/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPeresmian layanan komersial PT Pefindo Biro Kredit di Bursa Efek Indonesia, Senin (8/5/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pefindo Biro Kredit meresmikan layanan operasi komersial yang telah dimulai sejak 27 Maret 2017 lalu.

Proses asesmen aplikasi kredit baru maupun monitoring kredit eksisting debitur oleh lembaga keuangan sudah bisa dilakukan dengan lebih cepat, efisien, dan mudah dengan memanfaatkan layanan kredit biro kredit swasta.

"Saat ini layanan kami sudah bisa dimanfaatkan oleh lembaga keuangan secara luas," kata Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Ronald Andi Kasim di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (8/5/2017).

Ronald menjelaskan, laporan perkreditan yang mudah dipahami dan dilengkapi skor kredit akan meningkatkan efisiensi dalam proses penilaian kelayakan aplikasi kredit baru.

Selain itu, pemantauan debitur eksisting juga bisa lebih mudah. Menurut Ronald, pihaknya mendukung penguatan infrastruktur sistem keuangan nasional dan perluasan akses jasa keuangan ke masyarakat.

"Kami mendorong perluasan akses pembiayaan inklusif kepada berbagai jenis usaha, termasuk sektor UMKM, khususnya lembaga keuangan mikro yang selama ini masih unbanked (belum tersentuh layanan perbankan) guna mewujudkan pertumbuhan dan ekspansi bisnis mereka ke depan," jelas Ronald.

Sistem pelaporan kredit di Indonesia menerapkan prinsip dual credit reporting system yang merupakan sinergi antara public credit registry yang dilakukan otoritas, atau dikenal dengan BI Checking dan biro kredit swasta seperti Pefindo Biro Kredit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, imbuh Ronald, nilai tambah berupa data non kredit dan skor kredit hanya dapat dipenuhi oleh biro kredit swasta.

Hingga kini Pefindo Biro Kredit sudah menghimpun lebih dari 55 anggota dari kalangan lembaga keuangan dan sekitar 18 perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi atau fintech. Dalam waktu dekat, sekitar 25 lembaga keuangan diharapkan segera bergabung.

(Baca: Pefindo Sarankan Perusahaan Infrastruktur Terbitkan Obligasi Proyek)

Kompas TV Usaha kecil menengah punya peran penting menggenjot ekonomi Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.