OJK Monitor Layanan Mandiri Online yang Sempat Alami Kendala Teknis

Kompas.com - 08/05/2017, 13:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan Mandiri Online yang dimiliki PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sempat mengalami kendala teknis. Terkait hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku otoritas perbankan sudah meminta penjelasan dari pihak Bank Mandiri.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon menjelaskan, pihak Bank Mandiri sudah melaporkan hal tersebut kepada pengawas. Nelson sendiri mengaku tengah menunggu laporan lengkap terkait permasalahan pada Mandiri Online.

(Baca: Marak Pembobolan Internet Banking, OJK Minta Bank Audit Sistem Keamanan IT)

"(Bank) Mandiri sudah lapor ke pengawas. Saya sedang menunggu laporan lengkapnya," kata Nelson kepada Kompas.com, Senin (8/5/2017).

Dihubungi secara terpisah, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Irwan Lubis mengungkapkan, pihak Bank Mandiri sudah memberikan penjelasan kepada OJK.

Berdasarkan penjelasannya, Bank Mandiri menyarakan Bank Mandiri telah melakukan soft launching program e-banking guna meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Akan tetapi, sempat terdapat gangguan pada layanan Mandiri Online.

Namun, pihak Bank Mandiri sudah memperbaiki firewall dan sistem keamanan pada layanan e-banking tersebut.

"Beberapa nasabah yang terkena impact (dampak), Bank Mandiri sudah menjelaskan ke OJK akan sepenuhnya bertanggung jawab," ujar Irwan.

Ia menyatakan, Bank Mandiri dalam penjelasannya kepada OJK mengungkapkan bahwa gangguan tersebut bersifat minor.

Gangguan itu juga tidak akan mengganggu pelayanan Bank Mandiri terhadap nasabahnya dan transaksi pun tetap aman.

"OJK akan memonitor penerapan e-banking di Bank Mandiri dan sudah meminta manajemen bank untuk menjaga semua infrastruktur pelayanan kepada nasabah berjalan dengan baik dan aman," ungkap Irwan.

Kompas TV Bank Mandiri kembali mengaktifkan layanan perbankan "Mandiri Online".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.