Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Monitor Layanan Mandiri Online yang Sempat Alami Kendala Teknis

Kompas.com - 08/05/2017, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan Mandiri Online yang dimiliki PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sempat mengalami kendala teknis. Terkait hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku otoritas perbankan sudah meminta penjelasan dari pihak Bank Mandiri.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon menjelaskan, pihak Bank Mandiri sudah melaporkan hal tersebut kepada pengawas. Nelson sendiri mengaku tengah menunggu laporan lengkap terkait permasalahan pada Mandiri Online.

(Baca: Marak Pembobolan Internet Banking, OJK Minta Bank Audit Sistem Keamanan IT)

"(Bank) Mandiri sudah lapor ke pengawas. Saya sedang menunggu laporan lengkapnya," kata Nelson kepada Kompas.com, Senin (8/5/2017).

Dihubungi secara terpisah, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Irwan Lubis mengungkapkan, pihak Bank Mandiri sudah memberikan penjelasan kepada OJK.

Berdasarkan penjelasannya, Bank Mandiri menyarakan Bank Mandiri telah melakukan soft launching program e-banking guna meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Akan tetapi, sempat terdapat gangguan pada layanan Mandiri Online.

Namun, pihak Bank Mandiri sudah memperbaiki firewall dan sistem keamanan pada layanan e-banking tersebut.

"Beberapa nasabah yang terkena impact (dampak), Bank Mandiri sudah menjelaskan ke OJK akan sepenuhnya bertanggung jawab," ujar Irwan.

Ia menyatakan, Bank Mandiri dalam penjelasannya kepada OJK mengungkapkan bahwa gangguan tersebut bersifat minor.

Gangguan itu juga tidak akan mengganggu pelayanan Bank Mandiri terhadap nasabahnya dan transaksi pun tetap aman.

"OJK akan memonitor penerapan e-banking di Bank Mandiri dan sudah meminta manajemen bank untuk menjaga semua infrastruktur pelayanan kepada nasabah berjalan dengan baik dan aman," ungkap Irwan.

Kompas TV Bank Mandiri kembali mengaktifkan layanan perbankan "Mandiri Online".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com