Harga Bawang Putih dan Cabai Dikendalikan, Ini Upaya Pemerintah

Kompas.com - 09/05/2017, 10:35 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang bulan puasa dan Idul Fitri, harga sejumlah komoditas kembali merangkak naik, seperti bawang putih.

Pemerintah berupaya untuk menurunkan harga komoditas bawang putih ini menjelang bulan puasa dan Idul Fitri. Salah satu upayanya yakni dengan menggelar pertemuan antara Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dengan importir bawang putih pada Senin (8/5/2017).

Dalam pertemuan tersebut dicapai beberapa kesepakatan antara pemerintah dengan importir bawang

Pertama, para importir diminta kesediaannya untuk menurunkan harga dalam waktu seminggu. Bagi importir yang mau membantu Pemerintah menurunkan harga dijanjikan kemudahan perizinan.

Kedua, khusus bawang putih jenis Kating kualitas premium dijual dengan harga Rp 42.000 per kilogram, khususnya untuk mengisi pasar modern.

Ketiga, para importir bersedia menanam bawang putih di dalam negeri dengan ketentuan mulai berlaku 1 tahun sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) terkait.

Setelah dilakukan pendataan, sebanyak 9.070 ton bawang putih siap dijual dengan harga Rp 23.000 sampai Rp 35.000 per kilogram menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017.

Bawang putih tersebut berasal dari beberapa perusahaan yang telah didata oleh Kementerian Perdagangan.

(Baca: Mendag Minta Harga Bawang Putih Maksimal Rp 38.000 per Kg)

Pengendalian Harga Cabai

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.