Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HSBC Resmi Jadi Bank Lokal di Indonesia

Kompas.com - 09/05/2017, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - HSBC menjadi bank internasional pertama yang mengintegrasikan kantor cabang bank asing (KCBA) dengan anak usaha lokalnya, yakni PT Bank Ekonomi Raharja. Dengan demikian, HSBC kini menjadi bank lokal dengan nama PT Bank HSBC Indonesia.

Presiden Direktur HSBC Indonesia Sumit Duta menjelaskan, integrasi HSBC dengan Bank Ekonomi ini menjadi langkah baru dalam sejarah panjang HSBC, yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1884, lebih dari 130 tahun silam.

"Kami sangat bangga menjadi bank asing pertama yang disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) untuk mengintegrasikan cabang asing dengan bank lokal," kata Sumit dalam konferensi pers di Mercantile Athletic Club Jakarta, Selasa (8/5/2017).

Sumit menjelaskan, untuk pengintegrasian tersebut, HSBC menggelontorkan investasi sebesar 1 miliar dollar AS. Dana tersebut dipergunakan sebagai modal dan biaya untuk pengintegrasian.

"Investasi 1 miliar dollar AS sebagian besar untuk modal sebagai bank BUKU III. Selain itu juga sebagai biaya untuk melakukan onshore sistem pernankan, data center kami bawa dari Hong Kong ke Indonesia," tutur Sumit.

Sumit mengungkapkan, pihaknya yakin integrasi tersebut akan memberikan hasil besar. Bagi nasabah Bank Ekonomi, manfaatnya yang diperoleh adalah akses ke produk-produk terbaik kelas dunia, sementara nasabah HSBC akan memiliki akses jaringan yang lebih besar.

Selain itu, integrasi HSBC sebagai bank lokal juga didasari optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat. Sumit menyatakan, pada tahun 2030 mendatang Indonesia diprediksi menjadi ekonomi terbesar ketujuh dunia.

"Sebagai emerging markets, Indonesia dipandang paling vital dan cerah. Kami ingin menjadi bagian dari itu dan melihat kesempatan yang bagus di Indonesia," ungkap Sumit.

(Baca: HSBC : Transformasi Menjadi Bank Lokal Tak Mudah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com