Pengemudi Go-Jek Berpeluang Kredit Rumah di Lokasi Ini

Kompas.com - 09/05/2017, 19:20 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) Handayani menjelaskan ada beberapa daerah yang dipersiapkan untuk program kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para pengemudi atau mitra Go-Jek. Handayani mengatakan, instansinya mengajak sekitar 12 pengembang untuk menjalankan program tersebut.

"Jadi ada beberapa lokasi alternatif. Yakni di Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Ciputat, dan Cikarang," kata Handayani, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Handayani menjelaskan, sebagian pengemudi Go-Jek memilih lokasi rumah di Ciputat, Bogor, dan Tangerang. Pasalnya, kata dia, lokasi-lokasi itu jaraknya dekat dengan customer. Sedangkan rumah yang diperuntukkan bagi para pengemudi Go-Jek ini tipe 26-31 dengan luas tanah 60-70 meter.

"Rumah itu terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang keluarga, dan satu kamar mandi. Kalau pengemudi punya cukup uang, bisa membangun dapur," kata Handayani.

Dia mengatakan, rumah-rumah ini didesain menarik dan tidak dibangun sembarangan. Pembangunan dilakukan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebanyak 1.200 pengemudi Go-Jek yang menabung dan tertarik mendapatkan program ini.

Sebanyak 972 pengemudi diantaranya sudah dinyatakan lolos pengecekan persyaratan Bank Indonesia. Pengemudi Go-Jek dapat memiliki rumah dengan down payment (DP) 1 persen dan suku bunga sebesar 5 persen.

Uang muka dan suku bunga itu bersifat tetap selama 20 tahun. Untuk mendapatkan fasilitas ini, pengemudi cukup menyicil atau menabung sebesar Rp 42.000 tiap harinya selama 20 tahun. Hingga kini, baru mitra Go-Jek yang bekerja di kawasan Jabodetabek yang berpeluang mendapat akses ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.