Turunkan Biaya Logistik, Pelindo I-IV Simulasi Pengelolaan Pelabuhan

Kompas.com - 10/05/2017, 18:00 WIB
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (Pelindo II) Elvyn G Masassya, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (30/1/2017).  Achmad Fauzi/Kompas.comDirektur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (Pelindo II) Elvyn G Masassya, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (30/1/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

NUSA DUA, KOMPAS.com - Operator pelabuhan di Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero) ( Pelindo I, II, III, dan IV) akan melakukan simulasi pengeloaan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan biaya logistik.  Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya menerangkan, simulasi pengelolaan pelabuhan dimulai dari menyamakan standar operasional di masing-masing pelabuhan.

Salah satunya, menyamakan kedalaman air (Draft) di dermaga pelabuhan dengan kedalaman 14 meter. Hal ini, dilakukan agar kapal-kapal besar dapat bersandar. 

Menurut dia, simulasi pengelolaan pelabuhan ini dilakukan di pelabuhan-pelabuhan utama di Indonesia.

"Ini bisa dikerjasamakan dengan standar yang sama mulai daru operasional, aspek efisiensi dan produktivitas. Mulai dari Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Bitung dan nantinya Pelabuhan Sorong," ujar Elvyn di di Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Bali, Rabu (10/5/2017). 

Tidak hanya itu, kata Elvyn, pola pembukuan laporan keuangan dari masing-masing pelabuhan.

Elvyn meyakini dengan adanya simulasi pengelolaan pelabuhan biaya logistik akan turun 3,6 persen. Namun sayangnya, dirinya tidak memberitahukan lebih lanjut perhitungan penurunan biaya logistik tersebut. 

Elvyn pun menambahkan, saat ini simulasi pengelolaan pelabuhan tersebut telah diterapkan oleh tiga operator yakni, Pelindo I, Pelindo II, dan Pelindo IV.

"Kita saat ini sudah melakukan kerja sama dengan Pelindo I dan Pelindo IV. Dan nanti dengan Pelindo III, bagaiaman operasional kita memiliki sistem yang sama.

Tahun ini diharapkan selesai, sehingga kemudian tahun depan sudah mulai kelihatan efisiensi itu," tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X