Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Targetkan Jumlah Agen Laku Pandai Tembus 1 Juta pada 2020

Kompas.com - 10/05/2017, 19:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) mencapai 1 juta di seluruh Indonesia pada tahun 2020. Pada akhirnya, masyarakat akan mudah mengakses produk dan layanan jasa keuangan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menuturkan, saat ini jumlah agen Laku Pandai masih mencapai 300.000 agen. Dengan demikian, dalam tiga tahun ke depan jumlah agen tersebut dapat bertambah 700.000 agen.

"Sekarang ini baru ada 300 ribu agen Laku Pandai, padahal kebutuhan akan layanan perbankan di Indonesia masih sangat besar di daerah. Dalam beberapa tahun ke depan (tiga tahun) bisa mencapai 1 juta agen. Kalau bisa lebih cepat, jadi tidak perlu menunggu tiga tahun," kata Muliaman di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Muliaman menyatakan pihaknya meminta perbankan untuk agar memberi edukasi produk-produk yang dimiliki bank. Tujuannya agar para agen Laku Pandai bisa memperoleh penjelasan mengenai layanan keuangan yang ditawarkan kepada para nasabah-nasabah di berbagai daerah.

"Para agen harus mampu memiliki kemampuan menerangkan produk bank, maka bank harus bisa melakukan training ke agennya. Ini pekerjaan yang harus kita dorong. Kita juga msh banyak penetrasi lain, seperti tim percepatan akses keuangan di daerah," tutur Muliaman.

Namun demikiam, tim percepatan akses keuangan di daerah pun harus memiliki peta/maping atau profiling akses daerah maupun akses keuangan. Mereka diharapkan bisa menentukan daerah mana saja yang menjadi prioritas paling penting untuk program ini.

Laku Pandai adalah program yang diinisiasi OJK untuk memberikan pelayanan perbankan dan layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak bank. Pemilik warung, penjual pulsa, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah lainnya dapat melayani transaksi perbankan kepada masyarakat.

Ke depan, agen Laku Pandai ditargetkan tidak lagi hanya melayani transaksi tabungan dari masyarakat. Untuk menambah jumlah nasabah yang akan diikuti oleh peningkatan inklusi keuangan. Agen Laku Pandai juga diharapkan memberikan pemahaman atau edukasi kepada masyarakat akan produk bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com