Bulog: Stok Gula Pasir Cukup Selama Ramadhan dan Lebaran

Kompas.com - 11/05/2017, 20:52 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti memastikan stok gula pasir jelang ramadhan tahun ini aman. 

Menurut Djarot, guna menghadapi periode puasa hingga lebaran tahun ini, Bulog memiliki stok sebanyak 400.000 ton gula pasir.

(baca: Bulog Jamin Stok Gula Pasir dan Beras Aman Saat Ramadhan dan Lebaran)

"Kami hari ini mempunyai stok 400.000 ton (gula pasir), kami akan terus menggelontorkan sesuai dengan kebutuhan pasar untuk menjaga harga eceran tetap Rp 12.500 per kilogram," ujar Djarot saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (11/5/2017).

Djarot menambahkan, untuk komoditas gula pasir, sudah ada kebijakan Menteri Perdagangan berupa penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kilogram.

"Kami jualnya di bawah harga tersebut supaya ada margin (keuntungan) untuk para pedagang," paparnya.

Djarot menegaskan, stok sebanyak 400.000 ton yang dimiliki Bulog saat ini cukup memenuhi kebutuhan masyarakat hingga tiga bulan ke depan, ditambah dengan stok gula yang dimiliki oleh swasta.

"Dari hitungan BPS, kebutuhan normal gula sebulan 240.000 ton, katakanlah kami pasok 50 persennya dari kebutuhan (240.000 ton) atau sekitar 120.000 ton, dan kami bisa bertahan untuk menggelontorkan ke pasar sampai tiga bulan," ungkapnya. 

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), harga rata-rata gula pasir jenis lokal di Jakarta pada Kamis (11/5/2017) mencapai Rp 13.650 per kilogram. Sedangkan harga rata-rata gula pasir jenis premium di Jakarta pada Kamis (11/5/2017) mencapai Rp 16.250 per kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.