Dana Purifikasi Reksa Dana Syariah Digunakan untuk Bangun Jembatan Desa

Kompas.com - 11/05/2017, 21:03 WIB
Peletakan batu pertama pembangunan jembatan di Gunungpati, Semarang dengan dana purifikasi oleh PT Manulife Asset Management Indonesia dan Dompef Dhuafa, Kamis (11/5/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPeletakan batu pertama pembangunan jembatan di Gunungpati, Semarang dengan dana purifikasi oleh PT Manulife Asset Management Indonesia dan Dompef Dhuafa, Kamis (11/5/2017).
|
EditorM Fajar Marta

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI) melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan di Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Jembatan itu menghubungkan Desa Gunungpati dan Desa Srondol di Kecamatan Banyumanik, Semarang.

Pembangunan jembatan tersebut menghabiskan biaya sekitar Rp 364 juta. Dana tersebut dibiayai oleh dana purifikasi yang berasal dari pembersihan dana kelolaan portofolio reksa dana Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA).

"Penyaluran dana purifikasi ini adalah wujud komitmen MAMI dalam memenuhi aturan-aturan yang berlaku dalam seluruh aktivitas bisnis, khususnya terkait produk reksadana syariah," kata Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur MAMI di Desa Gunungpati, Kamis (11/5/2017).

Legowo menyatakan, dalam pengelolaan reksa dana syariah, ada kemungkinan pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Dana tersebut akan dikeluarkan dari portofolio reksa dana dan disalurkan serta digunakan untuk kepentingan umum, alias dipurifikasi.

Untuk program purifikasi ini, MAMI bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, yang bertugas menyeleksi dan mengajukan beberapa alternatif wilayah yang tepat untuk menerima dana purifikasi. Kemudian dipilihlah jembatan tersebut untuk diperbaiki.

"Kondisi jembatan yang dibangun warga sejak tahun 2000 ini sudah banyak yang rusak dan rawan untuk dilintasi. Kondisi kayu pada jembatan sudah banyak yang keropos dan patah," ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi pada kesempatan yang sama.

Selain itu, ditemukan pula tiang penyangga jembatan yang patah. Pun kondisi pondasi jembatan sudah rusak parah lantaran terkikis arus deras saat banjir, padahal jembatan ini amat vital bagi warga untuk berkativitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, MAMI mengelola dua produk reksa dana syariah jenis saham, yakni MSSA dan Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.