Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya dengan Rp 10.000, Anda Bisa Beli Reksa Dana Syariah

Kompas.com - 11/05/2017, 21:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI) meluncurkan produk reksa dana syariah pertama yang membagikan dividen bagi para investornya.

Produk ini bernama Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Produk reksa dana pendapatan tetap ini ditawarkan mulai 12 Mei 2017. Adapun pembelian awal dapat dilakukan hanya dengan Rp 10.000.

"Reksa dana MSSI bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dana simpanannya sesuai prinsip syariah. Selain menawarkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito syariah, reksa dana ini juga akan membagikan dividen," kata Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/5/2017).

Legowo menjelaskan, investor dapat memanfaatkan produk ini sebagai tempat untuk menyiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji maupun umroh. Investor juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan jangka pendek lainnya.

Menurut Legowo, reksa dana MSSI memiliki tingkat risiko relatif rendah. Hal ini disebabkan pemilihan aset yang diinvestasikan di portofolio reksa dana MSSI adalah sukuk dengan tenor pendek, sehingga volatilitasnya rendah.

"Investor yang sudah memiliki investasi di reksa dana saham pun dapat memanfaatkan reksa dana MSSI sebagai penyeimbang saat volatilitas pasar saham sedang tinggi," jelas Legowo.

Reksa dana MSSI mengalokasikan 85 sampai 100 persen aser yang dikelola untuk diinvestasikan di sukuk pemerintah maupun korporasi. Sisanya dialokasikan di instrumen pasar uang syariah di bawah 1 tahun.

Reksa dana syariah ini memiliki likuiditas tinggi sehingga dana dapat dicairkan setiap hari. Proses pencairan dana investor dilakukan dalam 2 sampai 3 hari kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com