Redam Lonjakan Harga Bawang Putih, Bulog Gelar Operasi Pasar

Kompas.com - 14/05/2017, 12:44 WIB
Ilustrasi bawang putih KOMPAS.com/ DEFRIATNO NEKE Ilustrasi bawang putih
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulog melakukan operasi pasar bawang putih menjalang bulan Ramadhan di beberapa pasar tradisional di Jakarta. Operasi pasar yang dilaksanakan Sabtu (13/5/2017) itu bertujuan untuk mengantisipasi melesatnya harga bawang putih di pasaran.

"Harga bawang putih di pasar terus naik, untuk itu Bulog melakukan operasi pasar dengan harapan agar harga bawang putih tidak terlalu tinggi dan cenderung stabil menjelang bulan puasa nanti," kata Mansur, Kepala Perum Bulog Divre DKI Jakarta, dalam keterangan resminya, Minggu (14/5/2017).

Operasi pasar yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan ini dilaksanakan di lima pasar yakni Pasar Induk Kramatjati, Pasar Senen, Pasar Tomang Barat, Pasar Minggu dan Pasar Tanah Abang.

Bawang putih yang dijual pada kegiatan operasi pasar itu didatangkan dari Brebes, Jawa Tengah. Bulog menyiapkan 24 ton bawang putih pada hari pertama pelaksanaan operasi pasar.

"Bulog menjual bawang putih dengan harga Rp 36 ribu perkilogram. Harga ini jauh di bawah harga pasar, dengan harapan dapat menurunkan harga bawang putih yang ada, khususnya di DKI," kata Mansur.

Rencananya, pekan depan, Bulog akan melakukan Gerakan Stabilisasi Pangan, dengan kembali melakukan operasi pasar serentak di seluruh Indonesia

Komoditas yang akan dilepas antara lain beras, gula, minyak goreng, daging, bawang merah dan bawang putih.

Ia berharap harga-harga pangan akan tetap stabil menjelang bulan Ramadhan. Sebagai informasi, harga bawang putih pada Minggu ini sesuai website infopangan.jakarta.go.id, mencapai Rp 58.357 perkilogram. Harga ini naik Rp 1.450 dibanding hari sebelumnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X