Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Ditjen Pajak Atasi Ancaman "Ransomware WannaCry"

Kompas.com - 15/05/2017, 12:55 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menginstruksikan seluruh Kantor Pajak Pratama (KPP) mencadangkan data-data pentingnya pada hari ini. Hal itu sebagai antisipasi ancaman virus ransomware bernama WannaCry.

"Sudah diberikan instruksi ke KPP untuk mengantisipasi ancaman ransomware WannaCry, sesuai arahan atau panduan dari Pusintek Kementerian Keuangan," ujar Direktur Pelayanan dan Penyuluhan (P2) Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, Senin (15/5/2017).

Ia menuturkan, arahan Pusintek Kementerian Keuangan sesuai dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Meliputi backup data hingga meng-update antivirus yang bisa mengatasi virus ransomware.

"Jadi layanan tetap bisa dijalankan normal sepanjang KPP mengikuti intruksi tersebut," kata Hestu.

Seperti diketahui, sejak akhir pekan lalu, dunia internet dihebohkan dengan beredarnya virus ransomware bernama WannaCry. Tak kurang dari 150 negara di seluruh dunia kini terjangkit virus ransomware WannaCry yang doyan menyandera data pengguna.

(Baca: Ini Ciri-ciri Komputer Windows yang Terinfeksi Ransomware WannaCry)

Di Indonesia, program jahat itu mulai menyerang beberapa rumah sakit sejak Jumat (12/5/2017). Tercatat dua rumah sakit, yakni RS Dharmais dan Harapan Kita yang kerepotan karena data dan sistem dikuasai WannaCry.

Penyebaran WannaCry didapuk sebagai serangan cyber terbesar yang pernah ada. Pemerintah Indonesia pun sudah bereaksi dengan mengumumkan berbagai langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah peredaran ransomware WannaCry.

(Baca: Ini Perusahaan-perusahaan Global yang Terdampak "Ransomware" WannaCry)

Kompas TV Cegah Virus “Ransoware Wannacry” (Bag 1)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com