Lion Air dan BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Aman dari Ransomware WannaCry

Kompas.com - 15/05/2017, 13:15 WIB
Pesawat Lion Air di airside Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Senin (20/6/2016). KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAPesawat Lion Air di airside Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Senin (20/6/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air memastikan layanan internetnya masih aman dan berjalan normal. Hal itu setelah adanya ancaman peredaran virus ransomware bernama WannaCry.

"Alhamdulilah aman dan semoga aman terus ke depannya," ujar Manajer Humas Lion Air Andy M Saladin kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Andy menuturkan, Lion Air sudah mengantisipasi serangan virus yang membuat geger dunia itu. Antisipasinya terkait teknis sistem IT di perusahaan maskapai berlogo singa merah itu.

Hal serupa dinyatakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Kepada Kompas.com, Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja mengatakan bahwa layanan BPJS Ketenagakerjaan aman.

Sebelumnya kemarin (14/5/2017), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan instruksi langkah-langkah yang bisa dilakukan agar WannaCry tak semakin masif berseliweran.

Sambut Hari Senin, Kominfo Berikan Panduan Lengkap Cegah Ransomware "WannaCry")

Pertama, matikan WiFi atau cabut koneksi kabel LAN di kantor. Pasalnya WannaCry ini tersebar tak seperti ransomware lain yang butuh interaksi dengan pengguna lewat phising e-mail. Ketika satu komputer terjangkit, maka semua komputer dalam satu jaringan LAN dan server kemungkinan besar terinfeksi pula.

Kedua, backup data lewat sistem operasi non-Windows. Menurut Adi Jaelani dari ID-SIRTII, sebaiknya backup dilakukan melalui sistem operasi Linux atau Ubuntu.

Mekanismenya, unduh Ubuntu atau Linux dari perangkat lain lalu masukkan ke hard disk atau flash disk. Sambungkan hard disk atau flash disk tersebut ke komputer Windows dan pilih untuk beralih sementara saat menghidupkan komputer.

Setelah proses itu berakhir, kembali lagi ke sistem operasi Windows dan lakukan langkah ketiga, yakni matikan SMB service dan blok port/protocol.

Caranya, masuk ke Control Panel - Advance Setting - Protocol and port, lalu ketikkan '139.445.139' untuk memblokir alamat IP tersebut.

(Baca: Ini Jurus Bank Mandiri Antisipasi "Ransomware" WannaCry)

Kompas TV Cegah Virus “Ransoware Wannacry” (Bag 1)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X