Menko Luhut Apresiasi BUMN pengelola Pelabuhan

Kompas.com - 17/05/2017, 16:47 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), saat berkunjung ke Gresik dan Surabaya, Senin (20/3/2017). KOMPAS.com/HAMZAHMenteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (tengah), saat berkunjung ke Gresik dan Surabaya, Senin (20/3/2017).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menteri Koordinator perekonomian Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi kinerja BUMN sektor pelabuhan yang sejauh ini telah mampu membuka perekonomian di daerah.

Menurut Luhut, pemerintah terus berkomitmen terhadap pembangunan infrastruktur pelabuhan, karena menjadi kunci pengembangan ekonomi Indonesia.

“Pelabuhan adalah kunci pengembangan ekonomi,” ungkap Luhut. “Saat ini Indonesia  sedang mengembangkan 5 Pelabuhan pesar dan lebih dari 100 pelabuhan kecil,” ujarnya dalam siaran pers PT Pelindo II, Rabu (17/5/2017).

Pelabuhan besar akan difungsikan sebagai hub, sedangkan pelabuhan kecil akan menjadi pendukung hub. Sehingga barang-barang dari dan ke luar negeri dapat diambil dari pelabuhan kecil dan dikirimkan atau diterima dari luar negeri melalui pelabuhan besar sebagai hub.

“Kerjasama dan kolaborasi antar pengelola pelabuhan merupakan kunci untuk mengundang investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelas dia.

Mengingat pentingnya peran pelabuhan, Luhut berjanji akan memberi kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor kepelabuhanan.

“Saya akan membukakan karpet merah kepada siapapun yang ingin berinvestasi di Indonesia. Saat ini beberapa BUMN pelabuhan di Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan di asia dan eropa untuk pengelolaan pelabuhan,” lanjutnya.

Dengan berkembangnya pelabuhan, hal itu akan membantu menurunkan harga barang di daerah. Luhut berharap optimis bahwa angka penurunan harga tersebut dapat terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya kapasitas pengiriman dan bertambahnya rute.

“Menurunnya harga barang akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi di daerah,” jelas Luhut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X