Fintech Modalku Bidik Nasabah UKM di Surabaya

Kompas.com - 17/05/2017, 19:10 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) peer-to-peer lending Modalku mengumumkan perluasan jangkauan layanan ke Surabaya, Jawa Timur.

Modalku memberikan pinjaman modal usaha dengan proses aplikasi online singkat dan waktu persetujuan cepat. Peminjam UKM dapat mendaftar untuk pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar dan tenor hingga 24 bulan.

(Baca: "Fintech" Modalku Luncurkan Aplikasi Pinjaman Modal Usaha)

Sebelumnya, Modalku melayani pasar UKM di Jabodetabek dan Bandung. Modalku melaporkan hingga saat ini lebih dari Rp 154 miliar yang telah disalurkan ke 273 pinjaman UKM.

“Kami melihat potensi besar di Surabaya. Menurut data terakhir Kemenkop saja, jumlah UMKM Indonesia sudah lebih dari 56 juta," kata Co-founder dan COO Modalku Iwan Kurniawan dalam pernyataan resmi, Rabu (17/5/2017).

Iwan menyatakan, Surabaya adalah kota terbesar nomor dua di Indonesia dan pasar UKM setempat sedang berkembang pesat. Namun, masih banyak UKM lokal yang sulit berkembang karena kurang modal usaha.

“UKM merupakan tulang punggung ekonomi negara. Mereka menyumbang 60,3 persen dari pendapatan negara dan mempekerjakan 97 persen dari tenaga kerja nasional. Namun sayangnya kebutuhan modal usaha UKM sering kurang cocok dengan produk pinjaman yang ditawarkan institusi keuangan konvensional," ungkap dia.

Dengan ekspansi Modalku ke Surabaya, imbuh Iwan, pihaknya berharap dapat meneruskan visi kami memberdayakan UKM lokal serta ikut memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia. Dengan mendanai pinjaman yang dibutuhkan UKM Indonesia untuk berkembang, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat pengembalian menarik.

Di sisi lain, UKM peminjam mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan tenor jangka pendek dan proses online yang mudah dan cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.