Indonesia Dapat Predikat "Investment Grade," Ini Tanggapan Sri Mulyani

Kompas.com - 19/05/2017, 20:22 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/1/2017) KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/1/2017)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's telah memberikan predikat investment grade kepada Indonesia. S&P juga menaikkan peringkat Indonesia pada level BBB-/stable outlook per 19 Mei 2017.

(Baca: S&P Beri Peringkat "Investment Grade" untuk Indonesia)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut baik peringkat yang diberikan S&P kepada Indonesia. Ini artinya, kata dia, Indonesia telah masuk dalam kategori layak investasi.

"Kalau memperhatikan apa yang disampaikan S&P, pertama disebutkan bahwa manajemen maupun kinerja APBN atau kebijakan fiskal mengalami perbaikan yang signifikan dengan adanya langkah-langkah yang dilakukan pemerintah, baik dari sisi belanja maupun dari sisi penerimaan," kata Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Sri Mulyani menyatakan, pemerintah Indonesia saat ini memfokuskan belanja pada sektor produktif, seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas Indonesia yang semakin produktif dan efisiensi ekonomi.

Langkah-langkah perbaikan penerimaan negara melalui reformasi perpajakan memberikan dampak kepada kepercayaan yang semakin baik terhadap pengelolaan APBN. Menurut S&P, hal ini dapat mendorong stabilitas pengelolaan keuangan negara .

S&P, imbuh Sri Mulyani, juga menyoroti utang yang diperkirakan tetap stabil serta langkah-langkah pemerintah dalam mengurangi daefisit APBN. Langkah ini memberikan kepercayaan bagi masa depan APBN.

"Saya gembira bahwa S&P melihat desain APBN kita jauh lebih realistis. Hasil yang positif ini akan menjadi pemicu bagi kita untuk melakukan pekerjaan dengan baik lagi, sungguh-sungguh, dan bekerja lebih detil," ungkap Sri Mulyani.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X