Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai 25 Mei, AP II Perkirakan Bandara Soekarno-Hatta akan Padat

Kompas.com - 23/05/2017, 05:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) memperkirakan Bandara Soekarno-Hatta akan padat hingga 25 Mei mendatang. Hal ini bertepatan dengan tradisi ziarah kubur di makam leluhur menjelang bulan puasa, serta momen libur nasional, peringatan kenaikan isal Al-Masih.

Public Relation Manager AP II, Yado Yarismano, mengatakan bahwa kepadatan penumpang Bandara Soekarno-Hatta sudah dimulai sejak Sabtu (20/5/2017). Terutama di terminal 1C, yang merupakan terminal untuk maskapai Batik dan Citilink.

Yado mengatakan, lonjakan penumpang di Terminal 1C pada Sabtu lalu terjadi pada jam sibuk (golden time). Menurutnya, pada jam tersebut ada 21 penerbangan yaitu Batik Air dan Citilink yang terbang pada jam sibuk tersebut.

"Kebiasaan ziarah masyarakat Indonesia turut berimbas terhadap kondisi terminal Soekarno Hatta. Load factor dari penerbangan di terminal 1C berkisar dari 80 persen-100 persen. Sehingga lumayan padat," kata dia kepada Kompas.com.

Sebagai informasi, kapasitas penumpang per tahun di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2015 sudah mencapai 57 juta orang. Kondisi tersebut dinilai kurang memadai untuk melayani jumlah penumpang yang terus bertambah.

Pemerintah kemudian membangun terminal 3, yang saat ini baru menampung 8 juta penumpang dari target 25 juta penumpang. Pemerintah menargetkan revitalisasi terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta, dengan demikian secara total kapasitas bandara bertambah menjadi 65 juta penumpang per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com