Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Try Sutrisno: Semangat Kebangsaan dan Pancasila Penting Bagi Pemimpin Ekonomi RI

Kompas.com - 23/05/2017, 14:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi para pemimpin ekonomi, dalam usaha menjaga perekonomian nasional.

Hal ini semakin nyata di tengah tatanan ekonomi dunia saat ini yang semakin global, yang menghasilkan kesempatan dan tantangan baru.

Untuk beradaptasi dengan baik, Indonesia memerlukan patriotisme dan nasionalisme dengan pola pikir global.

Demikian diungkapkan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno saat menjadi pembicara dalam Presidential Lecture Bank Indonesia, di Jakarta.

Try Sutrisno menekankan pentingnya generasi penerus dan calon pemimpin bangsa untuk kembali kepada nilai-nilai Pancasila serta semangat kebangkitan nasional.

Beberapa aspek penting yang masih sangat relevan dengan keadaan saat ini antara lain berupa kesadaran kolektif tentang perlunya perubahan, adanya sumber daya yang dapat dimobilisasikan, serta tujuan yang hendak dicapai.

Sejalan dengan itu, Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo, menyampaikan bahwa komitmen pembangunan ekonomi bangsa yang berkelanjutan harus didukung oleh para pemimpin yang tidak hanya memiliki kapabilitas dan kompetensi tetapi juga memiki sikap kenegarawanan dan semangat Pancasila.

Presidential Lecture merupakan kegiatan berkala yang diselenggarakan Bank Indonesia Institute (BIns), untuk mendukung pembentukan sumber daya manusia Indonesia. 

Presidential Lecture menghadirkan mantan pemimpin negara Indonesia untuk berbagi pandangan mengenai topik-topik terkini dan berbagai isu strategis nasional, khususnya terkait bidang ekonomi.

Kehadiran Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dalam kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan wawasan berharga yang dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas para calon pemimpin ekonomi bangsa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com