Try Sutrisno: Semangat Kebangsaan dan Pancasila Penting Bagi Pemimpin Ekonomi RI

Kompas.com - 23/05/2017, 14:55 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi para pemimpin ekonomi, dalam usaha menjaga perekonomian nasional.

Hal ini semakin nyata di tengah tatanan ekonomi dunia saat ini yang semakin global, yang menghasilkan kesempatan dan tantangan baru.

Untuk beradaptasi dengan baik, Indonesia memerlukan patriotisme dan nasionalisme dengan pola pikir global.

Demikian diungkapkan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno saat menjadi pembicara dalam Presidential Lecture Bank Indonesia, di Jakarta.

Try Sutrisno menekankan pentingnya generasi penerus dan calon pemimpin bangsa untuk kembali kepada nilai-nilai Pancasila serta semangat kebangkitan nasional.

Beberapa aspek penting yang masih sangat relevan dengan keadaan saat ini antara lain berupa kesadaran kolektif tentang perlunya perubahan, adanya sumber daya yang dapat dimobilisasikan, serta tujuan yang hendak dicapai.

Sejalan dengan itu, Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo, menyampaikan bahwa komitmen pembangunan ekonomi bangsa yang berkelanjutan harus didukung oleh para pemimpin yang tidak hanya memiliki kapabilitas dan kompetensi tetapi juga memiki sikap kenegarawanan dan semangat Pancasila.

Presidential Lecture merupakan kegiatan berkala yang diselenggarakan Bank Indonesia Institute (BIns), untuk mendukung pembentukan sumber daya manusia Indonesia. 

Presidential Lecture menghadirkan mantan pemimpin negara Indonesia untuk berbagi pandangan mengenai topik-topik terkini dan berbagai isu strategis nasional, khususnya terkait bidang ekonomi.

Kehadiran Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dalam kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan wawasan berharga yang dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas para calon pemimpin ekonomi bangsa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.