Persiapan Sidang IMF, Luhut Soroti Sampah hingga Mahalnya Hotel di Bali

Kompas.com - 23/05/2017, 18:00 WIB
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, saat konferensi pers di kantornya di kawasan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). Kompas.com/Kurnia Sari AzizaMenko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, saat konferensi pers di kantornya di kawasan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pelaksanaan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali pada Oktober 2018, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang menjadi pimpinan panitia annual meeting tersebut, menyoroti beberapa hal. Contohnya seperti tumpukan sampah yang ada di Bali.

(Baca: Jelang Pertemuan IMF-World Bank, Kualitas Jalan di Bali Diperbaiki)

" Sampah di Bali sudah 40 meter tingginya, hampir 32 hektar lahan dipenuhi sampah," kata Luhut, di kantornya di kawasan MH Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).

Saat ini, lanjut dia, pemerintah Bali tengah melakukan finalisasi tender pengolahan sampah. Ia berharap, tender pelaksana proyek pengolahan sampah ini rampung dalam dua bulan mendatang. Sehingga, tak akan lagi terlihat penumpukan sampah seperti yang ada saat ini.

Selain mengenai sampah, Luhut juga menyoroti banyaknya pengusaha hotel setempat yang aji mumpung dengan penyelenggaraan sidang tahunan IMF-World Bank ini. Menurut Luhut, tak sedikit pengusaha hotel yang menaikkan tarif hotel dari biasanya.

Pemerintah Indonesia akan mempersiapkan hotel bagi para peserta pertemuan yang diperkirakan mencapai 12-15 ribu orang tersebut.

"Ada pemilik hotel aji mumpung, naikin harga (kamar hotel) sampai 10 kali lipat, keterlaluan juga, tidak benar itu. Tapi overall, semua persiapan berjalan dengan baik," kata Luhut.

Diketahui, Bali dipilih menjadi lokasi Annual Meeting IMF-World Bank 2018. Pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan acara itu, yakni dengan memperkenalkan Bali secara khusus dan Indonesia secara umum dalam Forum Spring Meetings di Wahington DC, 2016 lalu.

Acara itu turut dihadiri Luhut bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Acara sidang tahunan IMF-World Bank akan dihadiri 189 negara dengan jumlah delegasi sekitar 15.000 orang. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X