Trump ke Timur Tengah, Wall Street Ditutup Menguat

Kompas.com - 24/05/2017, 06:56 WIB
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street ditutup menguat pada penutupan perdagangan saham Selasa (23/5/2017) sore waktu setempat, atau Rabu (24/5/2017) pagi waktu Indonesia. 

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup dengan menguat 43 poin atau naik 0,21 persen ke level 20.937,91. Indeks S&P 500 bertambah 4,4 poin atau 0,18 persen menjadi 2.398,42. Sedangkan indeks Nasdaq Composite naik 5,09 poin atau 0,08 persen menjadi 6.138,71.

Seperti dikutip dari CNBC, penguatan Wall Street terjadi untuk hari keempat berturut-turut. Penyebabnya, yakni kesepakatan bisnis hasil perjalanan Presiden AS Donald Trump ke beberapa negara di Timur Tengah tampaknya mulai mengembalikan kepercayaan pasar.

Sebelumnya, Wall Street merosot lebih dari 1 persen pada Rabu pekan lalu, di tengah panasnya kabar Trump mengintervensi penyelidikan atas hubungannya dengan Rusia.

"Setelah berflukutuasi, ini akan menjadi peluang membeli karena fundamental cukup kuat," kata Randy y Frederick, vice president trading and derivatives di Charles Schwab.

Salah satu yang membuat Wall Street reli adalah kunjungan Trump ke beberapa negara seperti Arab Saudi dan sekarang bertemu Israel dan Palestina. Trump akan ke Eropa di sisa akhir kunjungannya.

"Perjalanan Trump cukup membantu. Bukan hanya karena kesepakatan yang dia hasilkan tapi dia cukup padat di sana dan tidak punya waktu untuk membuat masalah," kata Frederick.

Investor juga memperhatikan proposal anggaran dari pemerintah AS, yang mengajukan usul pemangkasan anggaran belanja federal sebanyak 3,6 triliun dollar AS dalam 10 tahun mendatang. Pasar berasumsi ada peluang pemerintah menurunkan pajak bagi perusahaan dan individu.

Kompas TV Menteri Perdagangan AS Tertidur Saat Donald Trump Berpidato
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.