Tiga Menteri Tanam Bibit Bawang Putih di Desa Sembalun

Kompas.com - 24/05/2017, 16:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Pertaniam Andi Amran Sulaiman, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja ke Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kunjungan itu juga dihadiri beberapa direktur utama BUMN. Rini, Amran, dan Eko tiba Sembalun pada Rabu (24/5/2017) sekira pukul 10.00 WITA. Ketiganya datang ke Sembalun dengan menumpang helikopter dan mendarat di lapangan Kecamatan Sembalun.

Beberapa direktur utama BUMN yang hadir antara lain Dirut PT Angkasa Pura (Persero) Muhammad Awaluddin, Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Ahmad Baiquni, dan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Suprajarto.

Hadir pula Direktur Retail Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Tardi. Sampai di Sembalun, warga sudah memenuhi jalan-jalan yang akan dilalui. Rombongan langsung bertolak menuju lokasi seremoni penanaman bibit bawang putih.

Rini pun menyempatkan diri menghampiri dan berinteraksi dengan para warga. Pantauan Kompas.com, Rini terlihat menjabat tangan beberapa ibu dan anak.

Menurut Rini, Sembalun dan Lombok Timur memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih. Namun, potensi ini malah tertutup lantaran ada perubahan fungsi lahan pertanian.

“Saat ini tingkat konsumsi bawang putih kita mencapai sekitar 400.000 ton per tahun. Dengan luas lahan pertanian bawang putih saat ini seluas 2.563 hektare, produksi bawang putih kita baru 20.295 ton per tahun," ujar Rini.

Dengan demikian, kapasitas produksi bawang putih dalam negeri belum mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat.

“BUMN siap memberikan dukungan bagi para petani untuk semangat mengembangkan lagi bawang putih. BUMN akan berikan Kartu Tani dan Kredit Usaha Rakyat meningkatkan produksi," ujar Rini.

Dari sisi pemasaran, Bulog juga akan menyerap hasil produksi sehingga petani mendapatkan keuntungan yang cukup.

Rini berharap bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani bawang di sini.

"Dengan demikian Sembalun dapat tampil menjadi sentra bawang putih di Indonesia,” ungkap Rini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.