Kompas.com - 24/05/2017, 18:24 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga minyak dunia tak selalu diikuti dengan keuntungan besar PT Pertamina (Persero). Pada kuartal I-2017, perusahaan plat merah itu harus rela keuntungannya turun dari 1 miliar dollar AS menjadi hanya 0,78 miliar dollar AS.

"Atau (turun) sekitar 25 persen," ujar Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Sementara itu laba sebelum dipangkas bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi atau EBITDA perseroan juga turun dari 2,18 miliar dollar AS menjadi 1,89 miliar dollar AS, atau turun sekitar 17 persen.

Penurunan laba ini bak anomali bagi Pertamina. Sebab rata-rata harga minyak dunia justru naik dari 30,2 dollar AS per barel menjadi 51 dollar AS per barel pada kuartal I-2017.

Namun keuntungan besar tidak bisa diraih Pertamina sebab kenaikan harga minyak tidak selalu dibarengi dengan kenaikan harga BBM di dalam negeri. Belum lagi Pertamina harus melakukan subsidi silang.

Meski begitu, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menuturkan, revenue perseroan masih mencapai 10,15 miliar dollar AS, naik 19 persen dari 8,55 miliar dollar AS.

"Dan ini memang banyak revenue sebenarnya dari (penjualan BBM) yang non subsdi," kata Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.